Detail Naskah Akademik (Rencana Penyusunan NA)

RUU tentang Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama (RUU tentang Perlindungan Kyai dan Guru Ngaji)

UUD NRI Tahun 1945 menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan pelindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda serta juga berhak atas rasa aman dan pelindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan HAM terhadap warga negara yang dijamin dalam konstitusi dan peraturan perundang-undangan tersebut mencakup siapapun tanpa terkecuali, termasuk para tokoh agama atau pemuka agama. Dalam praktiknya, implementasi nilai-nilai dasar tersebut dapat dilihat dari sikap penghormatan masyarakat Indonesia kepada tokoh agama atau pemuka agama yang bertugas menyampaikan atau menjelaskan ajaran agama dan juga kesakralan simbol-simbol agama yang diyakini masyarakat. Dua hal tersebut, tokoh agama dan simbol keagamaan harus dijaga dan dilindungi dengan baik, terutama ketika tokoh agama menjalankan tugasnya dalam menjelaskan ajaran agamanya, agar tidak terjadi gesekan di masyarakat. Hal tersebut dilakukan karena tokoh agama dapat dianggap sebagai kelompok yang rentan mengingat tugas utamanya yang sangat sensitif dalam menyampaikan ajaran agamanya yang materinya dapat bersinggungan dengan ajaran agama lain yang dapat menimbulkan terjadinya perbedaan pendapat. Jadi sangat mungkin para tokoh agama berhadapan dengan orang yang tidak menyetujui pendapat mereka dan apabila perbedaan pendapat tersebut tidak dapat diselesaikan dengan baik dikhawatirkan timbulnya konflik.

Surat Permintaan
Tanggal: 13-01-2020

Surat Permintaan Penyusunan NA dan RUU dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Kuisioner
Mohon diisi:
Nama Responden * :
Usia * :
Jenis Kelamin * :
Pendidikan Terakhir * :
Pekerjaan * :
Email * :
No. Telepon * :
No Pertanyaan Jawaban
1. Apa yang Anda ketahui tentang substansi pengaturan RUU ini?
2. Apakah permasalahan yang terjadi di masyarakat dan kebutuhan masyarakat terkait pengaturan RUU ini?
3. Teori dan asas/prinsip apa sajakah yang sesuai dan dapat dijadikan dasar dalam penyusunan kajian awal mengenai pengaturan RUU ini?
4. Peraturan perundang-undangan apa sajakah yang penting untuk dikaji, dianalisis, dan dievalusi terkait dengan muatan yang diatur dalam RUU ini?
5. Apakah yang dapat menjadi dasar pemikiran (secara filosofis, sosiologis, dan yuridis) dalam penyusunan kajian awal pengaturan RUU ini?
6. Bagaimana pendapat Anda jika ada pengaturan mengenai RUU ini dalam bentuk undang-undang? Apa saja yang sebaiknya diatur?
Upload Dokumen
captcha
Tindak Lanjut
Nama Pekerjaan Aksi
RAHMAN HASIM Kepolisian RI Detail