Detail Rancangan Undang-Undang (Konsep Awal RUU)

RUU tentang Kewirausahaan Nasional

Kewirausahaan merupakan salah satu motor penggerak pemulihan ekonomi pada periode krisis dan mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Jika melihat jumlah wirausaha di Indonesia dapat dikatakan masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang sudah mencapai di atas 4%. Adapun beberapa permasalahan dalam meningkatkan jumlah wirausaha pada skala usaha mikro ke skala usaha yang lebih besar (scale up) serta menumbuhkan wirausaha baru yaitu: persoalan mindset (cara berfikir) sebagian masyarakat Indonesia yang masih berfikir mendapatkan pekerjaan setelah selesai sekolah/kuliah; kapasitas Sumber Daya Manusia pelaku wirausaha yang masih rendah; pengaturan terkait kewirausahaan masih tersebar di beberapa peraturan perundang-undangan terkait; dan sulitnya mengakses permodalan bagi wirausaha pemula. Oleh karena itu dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dibuat pengaturan yang mengatur seluruh aspek kewirausahaan secara komprehensif.

Kuisioner
Mohon diisi:
Nama Responden * :
Usia * :
Jenis Kelamin * :
Pendidikan Terakhir * :
Pekerjaan * :
Email * :
No. Telepon * :
No Pertanyaan Jawaban
1. Apakah ada saran dan masukan mengenai konsiderans menimbang dalam RUU ini?
2. Apakah ada saran mengenai ketentuan umum dalam RUU ini?
3. Apakah materi muatan dalam pasal dan bab-bab RUU sudah cukup mengatur permasalahan peningkatan pendapatan daerah? Apakah ada saran dan masukan untuk melengkapi dan menyempurnakannya?
4. Apakah pengaturan sanksi baik administratif maupun pidana dalam RUU sudah cukup memadai? Apakah ada saran dan masukan untuk melengkapi dan menyempurnakannya?
5. Selain hal-hal diatas apakah ada saran dan masukan guna penyempurnaan konsep awal RUU ini?
Upload Dokumen
Tindak Lanjut
Nama Pekerjaan Aksi